You Are Here: Home » Mengenal Lebih Dekat » View

Anang Hadi: Tidak Pernah Ada Niatan Keluar dari PSS

Sirajudin Hasbi, editor bal-balan.net berkesempatan melakukan wawancara dengan Anang Hadi. Pemain tengah bernomor punggung 8 ini berbagi pengalamannya selama bermain untuk PSS. Anang Hadi juga membagi pengalamannya bagi anak-anak yang bermimpi untuk menjadi pesepakbola profesional.

1.    Gimana perasaan anda sebagai pemain paling populer di Sleman?
“Jelas ada perasaan senang. Namun jujur saja itu buah dari proses panjang. Untuk jadi pemain yang reguler bermain perlu rajin latihan dan membawa hasil latihan ke dalam permainan. Kalau untuk populer mungkin selain karena kemampuan juga saya cukup dekat dengan suporter. Tidak ada jarak dengan suporter.”

2.    Ekspektasi publik terhadap anda sangat tinggi, jadi beban kah untuk anda?
“Beban jelas ada. Tetapi sekarang dengan materi pemain yang lebih bagus, jadi beban itu bisa dibagi dengan teman-teman.  Perpaduan pemain lokal Sleman dengan dari luar Sleman seperti pemain-pemain Malang itu membuat tim semakin bagus. Teman-teman eks Arema bisa membagi pengalaman ke kami.”

3.    Pernah terpikir untuk hengkang dari klub ini?
“Tidak pernah ada niatan untuk keluar. PSS sudah seperti keluarga sendiri untuk saya. Senang bisa dekat dengan semua elemen jadi nyaman di sini.”

4.    Ada banyak anak-anak yang ingin menjadi pesepakbola seperti anda, ada saran untuk mereka?
“Yang jelas harus latihan keras dan disiplin. Waktunya latihan ya latihan, ketika sudah saatnya istirahat juga harus istirahat untuk jaga kondisi. Setiap pemain juga harus bisa menghormati pelatih, sesama pemain, juga lawan.”

5.    Banyak isu yang berhembus anda punya hubungan kurang baik dengan Noh Alamshah, benarkah itu?
“Hehehe. Tidak ada. Ya mungkin ada perselisihan tetapi itu biasa dan rasanya berita di media terlalu dibesar-besarkan. Perbedaan friksi dengan Along (sapaan akrab Noh Alamshah) itu ada, tetapi itu biasa dalam suatu hubungan. Kami masih berteman baik.”

6.    Perkataan apa yang dikatakan oleh Alamshah hingga membuat anda tampak menangis saat menghadapi Persenga Nganjuk?
“Seperti yang sudah saya katakan, ada perbedaan persepsi dalam menilai pertandingan. Tetapi selesai pertandingan ya sudah selesai. Kalau soal saya nampak kecewa itu karena saya merasa kecewa gagal memanfaatkan banyak peluang dan tidak ada gol yang berhasil saya cetak.”

7.    Siapa pemain yang paling dekat dengan anda di tim saat ini?
“Saya mencoba dekat dengan semua pemain. Tetapi karena tidak tinggal di mess (Anang Hadi diperbolehkan tinggal di rumahnya yang berada di Sleman dan hanya menginap menjelang pertandingan) saya mungkin tidak sedekat pemain lain. Kalau paling dekat ya jelas dengan rekan sekamar seperti Ade Cristian, Basten, Agung, Eko, serta Nanda Nasution.”

8.    Siapa pelatih yang paling baik yang pernah melatih anda?
“Semua pelatih baik dan punya caranya masing-masing. Tetapi, coach Widiantoro mungkin bisa dibilang salah satu pelatih terbaik yang pernah saya rasakan sentuhan melatihnya. Coach Wid bisa sangat disiplin dan racikan strateginya pas. Dia juga masih muda sehingga bisa dekat dengan para pemain.”

9.    Apa arti keluarga untuk seorang Anang Hadi?
“Keluarga itu hidup saya. Semangat saya untuk hidup. Tujuan hidup saya juga, karena apa yang saya lakukan juga untuk mereka.”

10.    Apa yang ingin anda capai dalam lima tahun ke depan? Kapan akan pensiun?
“Belum ada pikiran untuk kapan pensiun. Saya akan bermain semampu saya, entah sampai kapan. Kalau target lima tahun ke depan jelas saya ingin membawa PSS ke liga teratas. Untuk ke timnas mungkin tidak ada mimpi, saya sadar diri dengan kemampuan yang sulit bersaing dan usia saya yang sudah mulai tua. Mimpi saya nanti saya ingin menjadi guru. Saya lulusan pendidikan olahraga jadi saya ingin menjadi guru olahraga. Untuk menjadi pelatih sejauh ini saya kurang minat.”

Trivia Anang Hadi:
1.    Karirnya dimulai di SSB Bina Putra pada tahun 2000
2.    Bermain di Persada Ngemplak antara tahun 2004 hingga 2005
3.    Bergabung dengan Angkatan Muda Seyegan (AMS) pada 2005 hingga 2007
4.    Karirnya di PSS dimulai dengan status sebagai pemain magang di tahun 2007-2008
5.    Mulai bermain untuk PSS sebagai pemain profesional sejak tahun 2008 hingga sekarang
6.    Pernah menjuarai Piala Ramadan 2006 ketika bermain untuk AMS
7.    Tempat makan favoritnya adalah sate pak Syamsuri
8.    Sangat menyukai sepak bola sejak kecil
9.    Anaknya bernama Zidan, diambil dari salah satu pesepakbola terbaik Zinedine Zidane
10.    Menilai Ade Cristian, Moniega, dan Aji Saka sebagai pemain yang punya prospek untuk jadi pemain hebat dan layak dipanggil tim nasional

 

© 2013, bal-balan.net

Scroll To Top